Blogger Themes

News Update :

Uzbekistan: Riwayatmu Dulu

Minggu, 27 Januari 2008

Secara geografis, Uzbekistan terletak di Asia Tengah. Tetanggaan ama Kazakhstan, Turkmenistan, Afghanistan, Tajikistan, dan Kyrgistan. Pokoknya, yang belakangnya tan, tapi nggak termasuk ketan lho!

Pengaruh agama Islam mulai merembes ke kawasan ini pada abad 7-8 M di masa kekhilafahan Abdul Malik bin Marwan. Adalah seorang pejuang Islam terkemuka bernama Quataiba bin Muslim Bahli yang menjadikan kawasan ini tunduk di bawah kekhilafahan pada tahun 706 M, setelah berjihad selama sembilan tahun. Kaum Uzbek pun menerima Islam tanpa sungkan. Buktinya, bahasa Arab diterima menjadi bahasa resmi Uzbekistan.

Dalam sejarah dunia Islam, daerah penghasil katun ini dikenal sebagai tempat lahirnya ilmuwan Islam seperti al-Khawarizmi, al-Biruni, al-Farabi, Abu Ali Ibnu Sina dan pionir hadits terkemuka, Imam Bukhori.

Kejayaan Islam bangsa Uzbek sempet kolaps akibat penyerangan bangsa Mongol pada abad ke-13 M. Di kemudian hari, muslim Uzbek bangkit melawan bangsa Mongol di bawah pimpinan putra Mongol, The Great Timur atau Timur Leng. Muslim Uzbek menyebut pahlawan besar yang hidup antara tahun 1336 hingga tahun 1405 M ini sebagai Amir Timur.

Setelah dijajah Rusia sejak tahun 1860-an, pada tanggal 1 September 1991 negara mandiri Uzbekistan dideklarasikan dengan Islam Karimov, seorang Rusia keturunan Yahudi sebagai presidennya. Kepemimpinan seorang pewaris trah komunisme Soviet bernama asli Abdulghanievich Karimov ini malah makin menggencarkan tindakan represif terhadap muslim Uzbek. Tragedi Andijan, Uzbek pada Mei 2005 lalu yang memakan korban 7000 muslim cukup membuktikannya.

Sobat, dulu Uzbekistan dikenal sebagai mutiara Islam di jantung Asia Tengah. Namun kini, nasib mutiara ini kian redup atau cenderung padam akibat makar (tipu daya) dari musuh-musuh Islam. Tugas kitalah bersama-sama untuk memancarkan kembali cahaya Islam. Nggak cuma di Uzbek, tapi di bumi Allah ini. Oke? Berangkaat! [Hafidz, diolah dari berbagai sumber]

http://www.gaulislam.com/uzbekistan-riwayatmu-dulu/

Share this Article on :

0 komentar:

 

© Copyright AL-FATIH ZONE 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.