Blogger Themes

News Update :

Sistem Kelembagaan Bisnis Islami vs non Islami

Senin, 04 Mei 2009

Sistem kelembagaan bisnis Islami jika didalami bisa dibandingkan dalam sejumlah aspeknya dengan bisnis non Islami. pembandingan ini untuk memudahkan pemahaman terhadap faktanya sedemikian memudahkan kita untuk mempraktikkannya. berikut ikhtisarnya :

SISTEM BISNIS ISLAMI VS non Islami

1. Asas : Aqidah Islam (nilai-nilai transendental) vs asas Sekularisme (Nilai-nilai material).
2. Motivasi : Dunia - akhirat vs Dunia.
3. Orientasi : Profit & Benefit (non materi/qimah),Pertumbuhan,
Keberlangsungan, & Keberkahan vs Orientasi Profit, Pertumbuhan, & Keberlangsungan.
4. Strategi Induk : Visi dan misi organisasi terkait erat dengan misi penciptaan manusia di dunia vs Visi dan misi organisasi ditetapkan berdasarkan pada kepentingan material belaka.
5. Manajemen/Strategi Fungsional Operasi/Proses : Jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran,Mengedepankan produktivitas dalam koridor syariah vs Tidak ada jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran, Mengedepankan produktivitas dalam koridor manfaat .
6. Manajemen/Strategi Fungsional Keuangan : Jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran keuangan vs Tidak ada jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran keuangan.
7. Manajemen/Strategi Fungsional Pemasaran : Pemasaran dalam koridor jaminan halal vs Pemasaran menghalalkan cara.
8. Manajemen/Strategi Fungsional SDM : SDM profesional & berkepribadian Islam, SDM adalah pengelola bisnis, SDM bertanggung jawab pada diri, majikan & Allah SWT vs SDM profesional,
SDM adalah faktor produksi, SDM bertanggung jawab pada diri & majikan.
9. Sumberdaya : Halal vs Halal & haram.

Dengan 9 karakter ini, sebuah usaha bisa membangun sistem kelembagaannya secara konsisten dengan berbasis pada aqidah Islam dan dalam koridor syariah Islam.
Alhamdulillah.

ditulis & diadaptasi dari buku Manajemen Strategis Perspektif Syariah tulisan M Ismail Yusanto dan M Karebet Widjajakusuma untuk memenuhi permintaan brother & sister tentang kegiatan sharing kelembagaan bisnis Islami hari sabtu, 2 mei 2009 lalu. moga manfaat dan barakah.

sumber tulisan dr Forum Facebook: Pengusaha Rindu Syari'ah, M.Karebet Widjajakusuma
Share this Article on :

0 komentar:

 

© Copyright AL-FATIH ZONE 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.