SISTEM BISNIS ISLAMI VS non Islami
1. Asas : Aqidah Islam (nilai-nilai transendental) vs asas Sekularisme (Nilai-nilai material).
2. Motivasi : Dunia - akhirat vs Dunia.
3. Orientasi : Profit & Benefit (non materi/qimah),Pertumbuhan,
4. Strategi Induk : Visi dan misi organisasi terkait erat dengan misi penciptaan manusia di dunia vs Visi dan misi organisasi ditetapkan berdasarkan pada kepentingan material belaka.
5. Manajemen/Strategi Fungsional Operasi/Proses : Jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran,Mengedepankan produktivitas dalam koridor syariah vs Tidak ada jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran, Mengedepankan produktivitas dalam koridor manfaat .
6. Manajemen/Strategi Fungsional Keuangan : Jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran keuangan vs Tidak ada jaminan halal bagi setiap masukan, proses & keluaran keuangan.
7. Manajemen/Strategi Fungsional Pemasaran : Pemasaran dalam koridor jaminan halal vs Pemasaran menghalalkan cara.
8. Manajemen/Strategi Fungsional SDM : SDM profesional & berkepribadian Islam, SDM adalah pengelola bisnis, SDM bertanggung jawab pada diri, majikan & Allah SWT vs SDM profesional,
SDM adalah faktor produksi, SDM bertanggung jawab pada diri & majikan.
9. Sumberdaya : Halal vs Halal & haram.
Dengan 9 karakter ini, sebuah usaha bisa membangun sistem kelembagaannya secara konsisten dengan berbasis pada aqidah Islam dan dalam koridor syariah Islam.
Alhamdulillah.
ditulis & diadaptasi dari buku Manajemen Strategis Perspektif Syariah tulisan M Ismail Yusanto dan M Karebet Widjajakusuma untuk memenuhi permintaan brother & sister tentang kegiatan sharing kelembagaan bisnis Islami hari sabtu, 2 mei 2009 lalu. moga manfaat dan barakah.
sumber tulisan dr Forum Facebook: Pengusaha Rindu Syari'ah, M.Karebet Widjajakusuma
0 komentar:
Posting Komentar