Blogger Themes

News Update :

CIA Gunakan Waterboarding untuk Menyiksa Tahanannya

Rabu, 06 Februari 2008

 Syabab.Com - Untuk kali pertama Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA terus terang mengakui telah menggunakan teknik waterboarding pada tersangka teror. Ini semakin menambah daftar pelanggaran HAM yang dilakukan AS atas kaum Muslim.

Direktur CIA, Michael Hayden kepada Kongres mengatakan teknik tersebut baru digunakan pada tiga orang, dan sama sekali belum digunakan selama lima tahun terakhir. Walaupun demikian penggunaan hal ini semakin menunjukkan kebiadaban dan penyiksaan CIA atas tahanannya yang belum tentu terbukti itu.

Dia mengatakan teknik itu digunakan pada tahanan al-Qaeda tingkat tinggi, Khalid Sheikh Mohammed, Abu Zubaydah dan Abd al-Rahim al-Nashiri.

Waterboarding adalah teknik interogasi yang dikenakan kepada tahanan dengan cara mengikat tangan dan wajah, kemudian kepalanya ditenggelamkan ke air sehingga tahanan merasa seolah-olah akan tenggelam.

Sebagian kalangan menyebut teknik ini sebagai bentuk penyiksaan dan Kongres membahas kemungkinan larangan penggunaannya.

"Kami menggunakan teknik itu pada tiga tahanan karena situasi saat itu," kata Hayden.

Sebelumnya, telah ditemukan rekaman penyiksaan yang dilakukan CIA atas tahanannya. Demikian juga penyiksaan di Abu Gharib semakin memposisikan AS sebagai negara pelaku pelanggaran HAM terbesar di dunia. Demikianlah memang watak para imperialis terhadap kaum Muslim.

Berbeda halnya dengan Khilafah Islamiyyah yang tidak akan melakukan penyiksaan dan penganiayaan terhadap tahanannya, kecuali diperlakukan secara manusiawi. [amir/bbc/syabab.com]

Share this Article on :

0 komentar:

 

© Copyright AL-FATIH ZONE 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.